Masalah Sosial dalam Kehidupan Bermasyarakat

Masalah Sosial dalam Kehidupan Bermasyarakat - Yoo, sobat KUMFOR sebelum kita membahas lebih lanjut tentang masalah sosial yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, disini saya akan coba menjelaskan dulu apa pengertian dari ilmu sosial dasar itu sendiri?
Menurut saya ilmu sosial dasar adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masalah-masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. dengan harapan untuk meningkatkan pemahaman manusia tentang masalah-masalah sosial dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, dan teori) yang berasal dari gabungan disiplin ilmu-ilmu sosial. Ilmu-ilmu sosial tersebut adalah : sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikokologi sosial.

Tujuan umum dari ilmu sosial dasar adalah untuk membentuk kepribadian serta perluasan wawasan pengetahuan, perhatian dan pemikiran mengenai berbagai permasalahan yang timbul dalam lingkungan sekitar agar daya tangkap, persepsi dan penalaran masyarakat dapat diperkuat lagi.

Berikut ini adalah beberapa contoh masalah sosial yang terjadi di masyarakat kita :
1. Kemiskinan yang melanda
sumber gambar: https://www.sewarga.com
Kemiskinan adalah suatu kondisi dimana seseorang kekurangan hal yang biasa dimiliki oleh orang banyak dan hal yang dimiliki ini bisa dalam beberapa aspek. Di Indonesia sendiri masalah kemiskinan adalah salah satu dari masalah sosial terbesar dalam negara, karena angka kemiskinan di negara kita ini terus meningkat tiap tahunnya seakan tidak ada habisnya.

Apa yang menyebabkan masalah kemiskinan melanda negeri kita tercinta?
1. Maraknya kasus korupsi yang dilakukan oleh pejabat tinggi negara, hal ini dapat memperparah kondisi ekonomi Warga Negara Indonesia, karena bantuan yang harusnya untuk membantu masyarakat miskin malah di ambil orang yang tidak bertanggung jawab.
2. Masih banyak orang yang berpikiran "semakin banyak anak semakin banyak rezeki", namun hal tersebut malahan menjadi beban ekonomi yang berat karena harus menanggung banyak anggota keluarga.
3. Tingginya angka kriminalitas dalam negeri, kriminalitas yang terjadi tidak hanya di dunia nyata saja tetapi banyak juga yang melakukan tindak kriminal dalam dunia maya.

Bagaimana upaya campur tangan pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan di Indonesia?
1. Meningkatkan fasilitas pelayanan kepada masyarakat miskin. Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses penduduk miskin untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan prasarana dasar. Beberapa program yang berkaitan dengan fokus ini antara lain :
• Penyediaan beasiswa bagi siswa miskin di Indonesia pada mulai dari jenjang pendidikan dasar di Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) sampai Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah (SMA/SMK/MA).
• Beasiswa untuk mahasiswa miskin dan beasiswa untuk anak yang berprestasi.
• Pelayanan kesehatan rujukan bagi keluarga miskin secara GRATIS di rumah sakit.
2. Menindaklanjuti serta bersikap tegas kepada para pelaku korupsi. Sebab korupsi adalah salah satu penyebab layanan masyarakat tidak berjalan sebagaimana mestinya. Hal inilah yang kemudian menjadikan masyarakat tidak bisa menikmati hak mereka sebagai warga negara sebagaimana mestinya.
3. Menciptakan lapangan kerja yang mampu menampung banyak tenaga kerja sehingga mengurangi angka pengangguran. Karena pengangguran adalah salah satu sumber penyebab kemiskinan terbesar di Indonesia.

2. Pencemaran lingkungan
sumber gambar : http://industri12nuryadi.blogspot.co.id
"Pencemaran lingkungan adalah berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat  tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya" (Undang-undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982).

Bagaimana cara mencegahnya?
Untuk mencegah terjadinya pencemaran terhadap lingkungan oleh berbagai aktivitas industri dan aktivitas manusia, maka diperlukan pengendalian terhadap pencemaran lingkungan dengan menetapkan baku mutu lingkungan. Pencemaran terhadap lingkungan dapat terjadi dimana saja dengan laju yang sangat cepat, dan beban pencemaran yang semakin berat akibat limbah industri dari berbagai bahan kimia termasuk logam berat.

Kesimpulan dan Saran yang dapat saya ambil adalah ilmu sosial itu sangat penting untuk bahan pengetahuan masyarakat di Indonesia, karena jika ilmu ini tidak diterapkan sebagaimana mestinya maka negara kita tercinta ini tidak akan dapat berkembang sebab kurangnya perhatian antar sesama masyarakat. Dan saya berharap juga adanya upaya campur tangan pemerintah dalam rangka membantu memecahkan masalah sosial dalam kehidupan masyarat Indonesia ini.

Referensi :
https://jihadiraki.wordpress.com/ilmu-sosial-dasar/
https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/pencemaran-lingkungan
http://dellazuari.blogspot.co.id/2015/05/kemiskinan-di-indonesia.html

Daftarkan email kamu untuk menerima update dari kami:

0 Response to "Masalah Sosial dalam Kehidupan Bermasyarakat"

Post a Comment