Pengertian Internet, Intranet, dan Ekstranet

Pengertian InternetIntranet, dan Ekstranet - Tentu Kamu sudah tau internet bukan? Mungkin sudah, namun belum menyeluruh, sama seperti Saya, hehe. Pada artikel kali ini kita akan belajar bersama mengenai internetintranet, dan juga ekstranet. Ke tiga hal tersebut mungkin terdapat pada pelajaran sekolah Kamu, mungkin yang masih SMP sudah terdapat pembelajaran yang Saya sebutkan tadi.

Baiklah, langsung saja kita bahas, ini dia pengertian internet, intranet dan ekstranet.
Sumber Gambar: te.net.id

1. Internet

Internet atau kepanjangannya adalah Interconnected Network, merupakan sebuah koneksi jaringan komputer yang mencangkup secara global yang dapat menghubungkan semua komputer yang ada di dunia ini walau mesin dari komputer berbeda-beda dan mesin operasinya walau berbeda-beda. Teknologi yang satu ini memiliki data yang terdiri dari berbagai model dan juga platform, tapi juga dapat saling terhubung menggunakan protocol TCP/IP dan juga aplikasi berbasis web.

2. Intranet

Intranet atau kepanjangannya adalah Intra Network merupakan sebuah jaringan komputer yang berbasis protocol TCP/IP sepert halnya dengan internet, bedanya, intranet ini dipakai dalam keadaan internal seperti perusahaan atau pun kantor. Dengan menggunakan aplikasi berbasis web, dan juga teknologi komunikasi data seperti internet. Apakah Kamu tau warung internet atau yang lebih terkenalnya itu warnet, Saya mendapat info dari suatu sumber bahwa warnet bisa dikategorikan sebagai intranet.

3. Ekstranet

Sekarang kita akan membahas tentang ekstranet. Ekstranet adalah jaringan komunikasi antar dua atau pun lebih dari perusahaan guna kepentingan bisnis tertentu tentunya. Komunikasi data yang digunakan sama seperti dengan internet, tapi sifatnya tertutup, sehingga hanya yang berkepentingan saja yang bisa terhubung ekstranet ini. Teknologinya menggunakan VPN atau Virtual Private Server.

Terima kasih Kamu sudah membaca artikel ini. Tentunya artikel ini tidak 100% akurat, jadi silahkan cari referensi di situs lainnya. Baiklah, semoga artikel dapat bermanfaat bagi Kamu, dan jangan lupa share ke teman-teman Kamu ya, seperti di Facebook atau di Twitter, sampai jumpa.

Daftarkan email kamu untuk menerima update dari kami:

0 Response to "Pengertian Internet, Intranet, dan Ekstranet"

Post a Comment