Proses Cita-Cita yang Ingin Dicapai

Proses Cita-Cita yang ingin Dicapai - Sikap Mental dan Perilaku ini berguna dalam Pengembangan Diri dan Pengembangan Karir Profesional untuk kedepannya.  Cukup banyak sudah contoh yang mampu menjelaskan bahwa Sukses tidak murni terkait dengan Pendidikan secara Langsung.
Impian dan Harapan adalah Hak setiap Individu, terlepas dari lulusan Universitas Ternama atau hanya sekedar Pribadi Lepas Sekolah Rakyat.
Impian hanya selangkah dihadapan Anda, jika mampu melihat dan merasakan keganjalan yang sesungguhnya terjadi.  Maka perlu mempelajari dan menganalisa faktor-faktor tersurat dan tersirat yang ada di sekitar untuk mendapatkan Cita-cita dan Harapan.  Berikut beberapa cara untuk mencapai Cita-cita yang Kita inginkan.

1.  Tetapkan Target
Perjelas Tujuan dalam beberapa hari kedepan atau beberapa bulan berikutnya atau bahkan beberapa tahun selanjutnya.  Kita harus menggambarkan dengan Jelas dan Tegas apa yang ingin diraih, lebih baik jika diatas kertas dan terpampang di meja kerja atau di dinding kamar.  Ini akan memperkuat Alam Bawah Sadar yang secara pasti mengangkat Moral dan Mental meraih Impian tersebut.  Kita harus temukan Passion atau Gairah dalam Kerja dan Karya untuk meyakinkan Diri Sendiri bahwa Pengembangan Karir atau Pengembangan Diri adalah Hak dan memerlukan Sikap Mental dan Gairah serta Semangat yang bergejolak terus menerus.

Sumber : https://fitriariyanti.files.wordpress.com

2.  Buatlah Komitmen
Dimana Kita sangat paham bahwa Konsistensi dalam sebuah Proses akan menjamin Keberhasilan.  Maka Komitmen dengan Tahapan dan Langkah yang akan diambil adalah Kunci Utama Sukses dalam Pengembangan Diri dan Karir.  Komitmen adalah Keberanian Membuat Keputusan (Decision Making) dari sekian banyak pertimbangan dan keraguan.  Langkah Pasti hanya akan terjadi pada saat Langkah Pertama telah diambil dan dilanjutkan dengan Langkah demi Langkah.  Ikuti Hati Nurani dalam mencapai Impian dan Harapan.

3.  Buat Perencanaan
Peta adalah petunjuk Langkah Kerja untuk Sukses.  Tanpa Arah dan Tujuan maka Kita malah akan menempuh perjalanan Panjang tanpa Kepastian.  Buatlah Langkah Perencanaan untuk mencapai Cita-cita, mulai tahap Persiapan, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Hasil yang diraih.  Buatlah Planning yang mudah diEksekusi dan diImplementasi.  Kesederhanaan jauh lebih penting daripada Kerumitan, inilah manajemen strategi paling handal yang perlu dilakukan dalam membangun Sukses Diri baik sebagai Pribadi atau Profesional.

4.  Segeralah Bertindak
Jangan selalu menunggu dengan dalih kondisi belum memungkinkan atau keadaan tidak mendukung.  Jangan pernah menunggu kondisi sempurna, jika Kita tidak ingin tertinggal dari orang lain.  Kesuksesan bukan menjadi milik orang lain jika Kita meraihnya. Maka tidak peduli bagaimana pun kondisi saat ini, jika telah menetapkan Hati untuk berubah dan berkembang dalam Diri dan Profesi, maka segera Ambil Tindakan.
Jangan sekali-kali menuggu kondisi Sempurna.  Keberhasilan hanya ada pada Tindakan dan teruslah Bergerak, tidak berhenti sebelum waktunya.  Confucius berkata,
“Tidak peduli berapa pelan Anda berjalan, yang penting Anda tidak Berhenti”. Meraih dan Mengejar Impian harus dilakukan konsisten, percaya diri dan tekun.

5.  Perhatikan Langkah
Tidak selalu Planning yang sempurna menghasilkan Performa Maksimal, karena begitu banyak Kendala dan Halangan yang mungkin dialami dan tidak terhindarkan.  Namun demikian Permasalahan yang mungkin timbul bukan harus dihindari, melainkan harus hadapi dengan Komitmen akan Cita-cita dan Konsisten akan Proses Kerja.  Perhatikan setiap Langkah Kerja Kita, terlebih jika akan terkait dengan banyak orang dan pihak.  Sikap dan Perilaku Adaptif dan Fleksibel sangat diperlukan dalam Usaha untuk mencapai Impian.  Jadilah Pribadi yang Proaktif dengan banyak Alternatif dalam Bertindak demi sebuah Cita-cita Besar Kita.

6.  Perbaikan Berkelanjutan
Dunia sangat Dinamis, dan orang-orang sangat Kreatif, Pasar sangat Inovatif, Konsumen sangat Sensitif.  Inilah Tantangan Utama untuk mencapai Keberhasilan dan Kesuksesan dalam Pengembangan Diri dan Karir.  Perhatikan setiap Langkah Kerja dan Perhatikan Lingkungan, yang selalu berubah setiap saat.  Disinilah diperlukan kemampuan analisa pasar yang handal untuk menjaga Kecepatan Kita memenuhi kebutuhan konsumen dan pelanggan. Ketika Kita lengah tidak berlaku Lebih Baik, maka orang lain akan melakukannya, dan pada saat tersebut Kita mulai tertinggal dan kehilangan momen.

Impian dan Cita-cita adalah Hak setiap Individu, dimana hal tersebut menjadi faktor utama mengapa setiap Pribadi akan berjuang dan berusaha melakukan Pengembangan Diri demi hasil yang akan diraihnya nanti.  Bagaimana cara Meraih dan Mengejar Impian Kita tidak akan dipengaruhi faktor usia dan lingkungan, semua bergantung pada diri sendiri dan niatan untuk meraihnya.

Daftarkan email kamu untuk menerima update dari kami:

0 Response to "Proses Cita-Cita yang Ingin Dicapai"

Post a Comment